Cetak seluruh bab pada buku iniCetak seluruh bab pada buku ini

Bimtek Perpajakan

Situs: Bimbingan Teknis Keuangan Daerah
Kursus: Bimbingan Teknis Keuangan Daerah
Buku: Bimtek Perpajakan
Dicetak Oleh:
Tanggal: Minggu, 19 Mei 2019, 16:01

1. Pengantar PDRD

Modul Pengantar PDRD:

Bimbingan Teknis dengan tema Pengantar Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) diselenggarakan oleh Subdirektorat Bimbingan Teknis Keuangan Daerah dan bagian dari Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah (PKPD). Tujuan dari kegiatan ini adalah menjelaskan arti penting Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam perekonomian daerah, serta isu-isu terkini berkaitan dengan pajak daerah dan retribusi daerah. Target sasaran dari bimtek ini adalah aparatur /pejabat yang berhubungan dengan pajak daerah dan retribusi daerah. Dengan bimbingan teknis ini, diharapkan aparatur/pejabat yang memiliki tugas pokok dan fungsi terkait PDRD pemahaman dan pengetahuannya meningkat.

2. Penilaian Pajak Daerah

Modul Penilaian Pajak Daerah:

Bimbingan Teknis dengan tema Penilaian PBB P2 dilakukan oleh Sub Direktorat Bimbingan Teknis Keuangan Daerah dan bagian dari Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah (PKPD). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan khususnya untuk melakukan penilaian pajak. Sasaran bimbingan teknis ini adalah aparatur / pejabat yang berhubungan dengan penilai pajak daerah. Dengan bimbingan teknis ini, diharapkan aparatur penilai pajak memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam melakukan penilaian objek pajak.

3. Pemeriksaan Pajak Daerah

Modul Pemeriksaan Pajak Daerah:

Bimbingan Teknis dengan tema Pemeriksaan Pajak Daerah dilakukan oleh Sub Direktorat Bimbingan Teknis Keuangan Daerah untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah. Sasaran bimbingan teknis ini adalah aparatur pemeriksa pajak daerah yaitu tenaga ahli di luar Direktorat Pajak atau institusi yang ditunjuk oleh Direktur Jenderal Pajak/Pimpinan Institusi. Dengan bimbingan teknis, diharapkan pemeriksa pajak daerah memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam mempersiapkan pemeriksaan, melaksanakan pemeriksaan dan melaporkan hasil pemeriksaan.

4. Penagihan Pajak Daerah

Modul Penagihan Pajak Daerah:

Bimbingan Teknis dengan tema Penagihan Pajak / Jurusita Pajak dilakukan oleh Sub Direktorat Bimbingan Teknis Keuangan Daerah dan bagian dari Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah (PKPD). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam mendongkrak pendapatan daerah. Target sasarannya adalah aparatur /pejabat yang berhubungan dengan penagihan pajak daerah atau jurusita pajak yang ditunjuk oleh Kepala Daerah. Dengan bimbingan teknis ini, diharapkan aparatur/pejabat penagih pajak / jurusita pajak memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam melakukan penagihan pajak dan penyitaan objek pajak.

5. Operating Console

Modul Operating Console:

Bimbingan Teknis dengan tema Operating Console/SISMIOP dilakukan oleh Sub Direktorat Bimbingan Teknis Keuangan Daerah dan bagian dari Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah (PKPD). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan khususnya untuk pengelolaan pajak. Sasaran bimbingan teknis ini adalah aparatur /pejabat yang mengelola sistem informasi pajak daerah. Dengan bimbingan teknis ini, diharapkan aparatur penilai pajak memiliki pemahaman dan pengetahuan dalam mengelola data dan informasi pajak daerah.

6. Analisis Potensi PAD

Modul Analisis Potensi PAD:

Bimbingan Teknis dengan tema Analisis Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) diselenggarakan oleh Subdirektorat Bimbingan Teknis Keuangan Daerah dan bagian dari Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah (PKPD). Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman peserta tentang; prinsip yang harus diperhatikan dalam menentukan potensi pajak daerah, pendekatan yang digunakan dalam melakukan perencanaan penerimaan pajak daerah dan meningkatkan keterampilan dalam menghitung potensi penerimaan dan tarif pajak daerah. Target sasaran dari bimtek ini adalah aparatur /pejabat yang berhubungan tugas terkait PAD.