Bimbingan Teknis Keuangan Daerah dan Diseminasi Dana Desa Cerdaskan Pengelola Keuangan di Daerah dan Desa Jawa Timur, 14-16 Maret 2018

Dalam rangka transfer knowledge kepada para pengelola keuangan daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Keuangan Daerah Level Eksekutif yang berlokasi di Kota Surabaya. Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam mengelola keuangan daerah serta untuk meningkatkan local tax ratio di daerah.

Acara Bimbingan Teknis ini diawali dengan sharing session keberhasilan Kabupaten Sidoarjo dalam mengelola keuangan daerah oleh Bupati Sidoarjo dan keynote speech mengenai Strategi Penguatan Perpajakan Daerah di Era Desentralisasi Fiskal oleh Dirjen Perimbangan Keuangan. “Pajak Daerah dan Retribusi Daerah akan menjadi penyumbang PAD terbesar jika dikelola dengan baik”, ungkap Dirjen Perimbangan Keuangan, Bapak Boediarso Teguh Widodo dalam pidatonya.

Selain Bimbingan Teknis Keuangan Daerah, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan juga menyelenggarakan Diseminasi Dana Desa di beberapa tempat di Jawa Timur yaitu (1.) Kabupaten Nganjuk, (2.) Kabupaten Jombang, dan (3.) Kabupaten Malang. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Bapak Boediarso Teguh Widodo menjelaskan tentang penggunaan Dana Desa untuk kegiatan Padat Karya Tunai. Dengan skema Padat Karya Tunai ini, realisasi Dana Desa bisa berdampak pada perekonomian masyarakat. “Tenaga kerja akan terserap, warga mendapat penghasilan. Daya beli masyarakat, permintaan barang dan jasa juga akan meningkat,” terang Bapak Boediarso.

Dengan program Padat Karya Tunai tersebut, diharapkan desa yang sangat tertinggal dan tertinggal bisa berkembang menjadi desa maju dan mandiri. Karena padat karya tunai bertujuan menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi, menurunkan kemiskinan dan kesenjangan antar desa.

 

 

 

 

 

Foto Dokumentasi :

Bimbingan Teknis Keuangan Daerah di Kota Surabaya

a

Sharing session Keberhasilan Kabupaten Sidoarjo oleh Bupati Sidoarjo.”

b

 “Keynote speech mengenai Strategi Penguatan Perpajakan Daerah di Era Desentralisasi Fiskal.”

c

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berfoto bersama para peserta Bimbingan Teknis.”

Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Nganjuk

q

“Para wartawan dari Kabupaten Nganjuk yang antusias meliput Diseminasi Dana Desa.”

d

 “Para penari berbakat Kabupaten Nganjuk unjuk gigi di acara Diseminasi Dana Desa ini.”

e

“Antusiasme peserta Diseminasi Dana Desa yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Nganjuk.”

f

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan keynote speech pada acara Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Nganjuk.”

g

“Pembukaan acara Diseminasi Dana Desa yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan.”

h

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berdialog dengan masyarakat pengelola BUMDes yang membuka stand-stand di acara ini.”

 

Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Jombang

i

“Diseminasi Dana Desa yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Jombang.”

 

j

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menjawab pertanyaan wartawan seputar Dana Desa selepas acara.”

k

“Sebelum memulai acara Diseminasi, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyempatkan diri meninjau produksi lokal dari beberapa BUMDes di Kabupaten Jombang yang membuka stand di lokasi Diseminasi.”

l

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan keynote speech pada acara Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Jombang.”

Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Malang

m

 “Diseminasi Dana Desa yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Malang.”

 

z

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan keynote speech pada acara Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Malang.”

o

“Keaktifan peserta diseminasi dalam sesi tanya jawab merupakan bentuk kepedulian atas pengelolaan Dana Desa di daerahnya.”

p

“Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan meninjau produksi BUMDes setempat, salah satu produk unggulannya yaitu kopi Dampit Kabupaten Malang.”