Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Berikan Edukasi Padat Karya Tunai di Kabupaten PALI dan Kabupaten Ogan Ilir

Pada tanggal 30 dan 31 Januari 2018, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Bapak Boediarso Teguh Widodo melaksanakan Diseminasi Dana Desa di dua kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan yaitu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan Kabupaten Ogan Ilir. Di hari pertama, 30 Januari 2018, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan memberikan edukasi kepada perangkat desa dalam menjalankan skema cash for work atau Padat Karya Tunai pada acara Diseminasi Dana Desa yang bertempat di Gedung Arsendora Kompleks Pertamina Pendopo Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI. Pelaksanaan Diseminasi pada hari tersebut mengundang seluruh Camat dan seluruh Perangkat Desa se-Kabupaten PALI. Selain itu, juga diundang Bupati Penukal Abab Lematang Ilir, anggota DPRD wakil Provinsi Sumatera Selatan, Kepala BPKAD, dan Kepala DPMD.

Dalam rangkaian kegiatan diseminasi ini, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan juga melakukan peninjauan ke stand–stand produksi lokal masyarakat Kabupaten PALI yang pengelolaannya menggunakan dana desa. Kemudian Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan beserta rombongan Bupati PALI meninjau lokasi perkantoran di Talang Kerangan Kelurahan Talang Ubi Utara dan dilanjutkan dengan meninjau Bandara eks. PT Stanvac di kelurahan Handayani Mulya, serta Candi Bumi Ayu di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang.

Pada hari berikutnya, 31 Januari 2018, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan sampai di lokasi Diseminasi Dana Desa selanjutnya yaitu di Gedung Serbaguna Kompleks Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir. Dalam keynote speech-nya Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan bahwa penggunaan Dana Desa harus benar-benar fokus ke pekerjaan Labor Intensive dengan menyerap sebanyak mungkin tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran di desa.

Di akhir acara, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan melihat hasil progres pencapaian program padat karya tunai pada stand-stand yang telah disediakan oleh pemerintah setempat seperti pembudidayaan jamur tiram, pembuatan pupuk kompos, kerajinan songket serta pembuatan batu batako dan paving blok.

sumsel_1

Gambar-1:Penyambutan dengan tarian daerah di lokasi Diseminasi Dana Desa, Gedung Arsendora Kompleks Pertamina Pendopo, Kabupaten PALI.

sumsel_2

Gambar-2:Peserta diseminasi yang terdiri dari seluruh Camat dan seluruh Perangkat Desa se-Kabupaten PALI.

sumsel_3

Gambar-3:Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan keynote speech pada acara Diseminasi Dana Desa di Kabupaten PALI.

sumsel_4

Gambar-4:Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berkunjung ke stand–stand produksi lokal masyarakat Kabupaten PALI yang pengelolaannya menggunakan dana desa.

sumsel_5

Gambar-5:Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan meninjau lokasi perkantoran di Talang Kerangan Kelurahan Talang Ubi Utara.

sumsel_6

Gambar-6:Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan mengunjungi Candi Bumi Ayu di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang.

sumsel_7

Gambar-7:Lokasi Diseminasi Dana Desa kedua di Gedung Serbaguna Kompleks Perkantoran Terpadu Tanjung Senai Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir.

sumsel_8

Gambar-8:Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan keynote speech pada acara Diseminasi Dana Desa di Kabupaten Ogan Ilir.

sumsel_9

Gambar-9:Bupati Ogan Ilir, Bapak H. M. Ilyas Panji Alam, menyerahkan cinderamata kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan.

sumsel_10

Gambar-10:Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berkunjung ke stand-stand di lokasi acara Diseminasi Dana Desa, salah satunya adalah stand pembudidayaan jamur tiram.

sumsel_11

Gambar-11:Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berfoto bersama masyarakat pengelola BUMDes pembuatan batu batako dan paving blok.