Pelantikan Pejabat Eselon II DJPK

pelantikan01DJPK terus berupaya menyempurnakan organisasi. Tugas dan fungsi organisasi pun diperkuat. Sejalan dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 234/PMK.01/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Keuangan, DJPK menata ulang organisasinya. Penataan organisasi tidak menambah jumlah unit kerja. Penataan organisasi dilakukan dengan mengubah nomenklatur unit kerja serta penyesuaian terhadap tugas dan fungsi.

Perubahan organisasi tersebut diikuti dengan pelantikan jajaran pejabat dan mutasi seluruh pegawai di lingkungan DJPK. Pada Jumat 24 Juni 2016 telah dilaksanakan pelantikan pejabat eselon III dan IV. Bertempat di Aula Nagara Dana Rakca Gedung Radius Prawiro, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan melantik para pejabat tersebut.

Selanjutnya, pada Kamis 30 Juni 2016, dilaksanakan seremoni pelantikan pejabat eselon II oleh Menteri Keuangan. Pelantikan bertempat di ruang perpustakaan menteri di Gedung Juanda I, Kompleks Kementerian Keuangan. Bapak Putut Hari Satyaka dilantik menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal. Bapak Rukijo dilantik menajdi Direktur Dana Perimbangan. Bapak Ahmad Yani yang sebelumnya menjabat Direktur Pembiayaan dan Kapasitas Daerah dilantik menjadi Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan. Disaksikan oleh para tamu undangan, Menteri Keuangan membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh ketiga pejabat eselon II DJPK tersebut.

Sebelumnya, pada 18 Februari 2016 telah dilaksanakan pelantikan untuk mengisi posisi pejabat eselon II dengan nomenklatur baru. Bapak Lisbon Sirait dilantik menjadi Direktur Pendapatan dan Kapasitas Keuangan Daerah. Ibu Ria Sartika Azahari dilantik menjadi Direktur Evaluasi Pengelolaan dan Informasi Keuangan Daerah.

DJPK kini siap berlari menjalankan tugas dan fungsi organisasi. Sebagai sebuah institusi yang menentukan kebijakan desentralisasi fiskal di Indonesia, DJPK memiliki tanggung jawab besar. DJPK harus bisa menjalankan amanah menyusun kebijakan transfer ke daerah dan Dana Desa sekaligus menjalankan good governance dalam hubungan keuangan pusat dan daerah. Semoga para pejabat dan seluruh pegawai DJPK dapat menjawab tantangan tersebut dengan hasil yang terbaik.