Peresmian Aula Nagara Dana Rakca oleh Menteri Keuangan

Rabu, 30 Desember 2015, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan menggelar acara Peresmian Aula Gedung Radius Prawiro. Aula yang berada di lantai 1 itu semula bernama Aula Nusantara. Setelah direnovasi dan dilengkapi dengan beragam fasilitas, aula tersebut menyandang nama baru Aula Nagara Dana Rakca. Pemilihan nama ini sejalan dengan semboyan Kementerian Keuangan yang mengandung makna pengawal keuangan negara.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Dalam sambutannya, Menteri Keuangan mengapresiasi beberapa pencapaian DJPK pada tahun 2015. DJPK telah menjalankan tugas dan fungsi terkait penyaluran dana transfer ke daerah secara optimal. Begitu pula dengan Dana Desa yang sudah mulai disalurkan ke setiap kabupaten dan kota. Menjelang tutup tahun, DJPK juga berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Pelayanan Tamu di Ruang Pelayanan Terpadu Keuangan Daerah.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan memberikan arahan mengenai beberapa program kerja untuk DJPK. Optimalisasi pajak daerah dan retribusi daerah menjadi poin penting untuk disosialisasikan kepada daerah. Dana menganggur yang ada dalam komponen SILPA di kas daerah juga menjadi perhatian Menteri Keuangan. Hendaknya, dana tersebut dapat digunakan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan produktif untuk layanan masyarakat daripada dibiarkan menganggur di bank.