Menkeu Himbau Kepala Desa Optimalkan Dana Desa

Tidore, 8 Maret 2018 – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghimbau agar Dana Desa digunakan secara optimal sesuai kebutuhan masyarakat.

“Dana Desa ini harus digunakan dengan fokus sesuai kebutuhan masyarakat dan tidak terlalu banyak aktivitas, misalnya dana difokuskan untuk membangun infrastruktur desa,” ujarnya dalam acara Diseminasi Dana Desa di Kantor Walikota Tidore Kepulauan.

Acara bertema “Padat Karya Tunai untuk Masyarakat Desa yang Lebih Sejahtera” tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hatari, Plt. Gubernur Maluku Utara, Walikota Tidore Kepulauan, jajaran Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan serta para kepala desa se-Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Diseminasi ini merupakan upaya Kementerian Keuangan, khususnya Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, untuk meningkatkan pemahaman seluruh aparat Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa dalam pengelolaan Dana Desa sehingga kebijakan Dana Desa dapat semakin memajukan perekonomian desa serta mengatasi kesenjangan pembangunan antardesa.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Boediarso Teguh Widodo turut mendampingi wanita nomor satu di Kementerian Keuangan tersebut dalam sesi pemaparan dan tanya jawab seputar pelaksanaan Dana Desa.

Selepas acara, Menkeu menyempatkan diri mengunjungi stand-stand yang memamerkan kerajinan tangan, makanan ringan maupun barang lainnya yang diproduksi oleh BUMDes setempat.

Sebuah sejarah baru tercetak pada hari itu. Semenjak kemerdekaan Republik Indonesia, ini adalah pertama kalinya seorang menteri keuangan menginjakkan kaki di Provinsi Maluku Utara.

Foto Dokumentasi :

a

“Menteri Keuangan dan rombongan tiba di Tidore Kepulauan dengan menggunakan kapal patroli DJBC.”

b

“Menteri Keuangan menghadiri Diseminasi Dana Desa didampingi oleh Dirjen Perimbangan Keuangan.”

c

“Dirjen Perimbangan Keuangan menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan diseminasi di Tidore Kepulauan.”

d

“Peserta diseminasi kali ini terdiri dari kepala desa se-Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Pulau Morotai.”

Q

“Menteri Keuangan memberikan arahan kepada para kepala desa agar mengelola Dana Desa secara optimal.”

g

 “Sesi tanya jawab dengan peserta diseminasi.”

h

“Sesi foto peserta diseminasi dan Menteri Keuangan.”

i

“Menteri Keuangan mengunjungi salah satu stand yang memamerkan barang-barang produksi lokal.”