Diseminasi Dana Desa Diharapkan Menjadi Wawasan Baru Bagi Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa Kabupaten OKI

pameran 2Ogan Komering Ilir, 2 Maret 2018

 

Diseminasi Dana Desa bertemakan “Padat Karya Tunai untuk Masyarakat Desa yang Lebih Sejahtera” yang digelar di Aula Kantor Bupati Ogan Komering Ilir disambut dengan antusias oleh pemerintah daerah dan pemerintah desa. Dengan adanya diseminasi ini, para kepala OPD di lingkup pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, camat, kepala desa, perangkat desa, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Kabupaten Ogan Komering Ilir diharapkan dapat memperkaya informasi mengenai pengelolaan Dana Desa dan mekanisme cash for work.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Bapak Boediarso Teguh Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa memasuki tahun keempat pelaksanaan Dana Desa, saat ini desa telah diperkuat kewenangannya dalam menyelenggarakan pemerintahan, melaksanakan pembangunan, serta membina dan memberdayakan masyarakat. Hasil nyata dari pelaksanaan Dana Desa dalam periode 2015 hingga 2017 antara lain terbangunnya 199.100 kilometer jalan desa, 1.599 kilometer jembatan, 325.599 unit sambungan air bersih, 4.656 unit embung desa, 48.271 unit posyandu, 19.794 unit pasar desa, 43.723 unit PAUD desa, 342.407 unit sumur dan MCK, 299.345 unit drainase dan irigasi.

Bapak Boediarso juga menyampaikan bahwa program Padat Karya Tunai dapat berjalan secara optimal jika pembangunan di desa diarahkan untuk bidang-bidang seperti pembangunan dan/atau rehabilitasi sarana prasarana pedesaan, pemanfaatan lahan untuk meningkatkan produksi (termasuk di kawasan hutan), pelaksanaan kegiatan yang produktif seperti pariwisata, ekonomi kreatif, pengembangan potensi ekonomi lokal, pengelolaan hasil produksi pertanian, serta pengelolaan usaha jasa dan industri kecil. Pemberdayaan masyarakat seperti pengelolaan sampah, pengelolaan limbah, pengelolaan lingkungan pemukiman, pengembangan energi terbarukan, serta penyediaan dan pendistribusian makanan tambahan untuk anak juga turut mengoptimalkan program Padat Karya Tunai.

Stand-stand pameran produksi lokal masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir pun turut meramaikan acara tersebut. Produksi lokal tersebut meliputi jamur tiram, tas dan kotak tisu yang terbuat dari anyaman bambu, serta kreasi karangan bunga.

 

 

 

Foto Dokumentasi :

peserta diseminasi

 “Peserta diseminasi melakukan registrasi sebelum acara dimulai.”

Penyambutan Tarian

“Penyambutan dengan tarian daerah yang diperagakan oleh penari berbakat dari Kabupaten Ogan Komering Ilir.”

antusiasme peserta

 “Antusiasme peserta diseminasi mendengarkan penjelasan dari Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan mengenai cash for work.”

pameran 1

pameran 2

“Pameran produksi lokal masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir.”