Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Diseminasikan Dana Desa dan Mekanisme Cash for Work kepada Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa di Jawa Timur Jawa Timur, 21-23 Februari 2018

Dalam rangka penyebarluasan informasi kepada para pemangku kepentingan dalam pengelolaan Dana Desa, baik pemerintah daerah, pemerintah desa, maupun para pihak yang terlibat dalam pendampingan, pembinaan dan pengawasan dana desa, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan menyelenggarakan Diseminasi Dana Desa. Februari lalu, tepatnya pada tanggal 21-23 Februari 2018, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan mengadakan diseminasi di empat lokasi di Provinsi Jawa Timur. Keempat lokasi tersebut antara lain: (1.) Kabupaten Pasuruan; (2.) Kabupaten Sidoarjo; (3.) Kota Batu; dan (4.) Kabupaten Banyuwangi.

Dana Desa merupakan kebijakan yang telah berjalan sejak tahun 2015. Banyak sarana dan prasarana dasar bagi masyarakat perdesaan yang telah dibangun dengan menggunakan Dana Desa selama ini, seperti embung desa, jalan desa, jembatan, sanitasi, posyandu, pasar desa, dan sebagainya. Meskipun begitu, pemerintah memandang kebijakan Dana Desa ini masih dapat lebih dioptimalkan untuk menurunkan angka kemiskinan dan ketimpangan di perdesaan, salah satunya melalui penerapan skema Padat Karya Tunai atau Cash For Work.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Bapak Boediarso Teguh Widodo dalam sambutannya menyampaikan bahwa Cash for Work merupakan skema baru dalam pelaksanaan Dana Desa yang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung secara tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, dibayarkan secara harian atau mingguan, dengan tujuan memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Bapak Boediarso juga menginstruksikan agar pembangunan melibatkan sumber daya masing-masing desa sendiri. Material batu dan pasir hingga tenaga kerja harus dari desa itu sendiri.

Di sela-sela padatnya rangkaian kegiatan diseminasi tersebut, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan juga sempat meninjau Mal Pelayanan Publik Banyuwangi dan pengembangan tempat wisata bahari Bunder (Bangsring Under Water) Banyuwangi yang dikelola oleh kelompok nelayan tradisional setempat.

 

 

Foto Dokumentasi :

Kabupaten Pasuruan

Ramah tamah Ramah tamah dengan Sekretaris Daerah dan Pejabat Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Dandes

 Dana Desa di Kabupaten Pasuruan digunakan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pelatihan menjahit dan bordir.

 

Dirjen menjelaskan Direktur Jenderal menjelaskan mengenai kebijakan pemerintah terkait optimalisasi Dana Desa tahun 2018.sekda kab pasuruan

 Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan menyerahkan cinderamata kepada Direktur Jenderal.

Dirjen ternyata

Direktur Jenderal ternyata punya bakat membatik juga lho.

 

Kabupaten Sidoarjo

Kab sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo merupakan lokasi ke-2 diseminasi yang dihadiri Direktur Jenderal dalam rangkaian acara kali ini

Turut hadir

Turut hadir dalam acara tersebut Ibu Indah Kurnia, Anggota Komisi XI DPR RI dan Bapak Saiful Ilah, Bupati Sidoarjo .

dirjen menyampaikan

Direktur Jenderal menyampaikan keynote speech sekaligus membuka acara diseminasi.

stand

Direktur Jenderal mengunjungi stand-stand yang memamerkan hasil kerajinan setempat.

 

Kota Batu

Lokasi Dandes

Lokasi Diseminasi Dana Desa di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani Kota Batu.

Penyambutan dg tarian

Penyambutan dengan tarian daerah yang diperagakan oleh penari berbakat dari Kota Batu.

Dirjen PK

 

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan keynote speech pada acara Diseminasi Dana Desa di Kota Batu.

Dirjen PK berkunjung

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berkunjung ke Desa Sidomulyo meninjau produksi lokal masyarakat desa setempat.

 

Kabupaten Banyuwangi

 

lokasi dandes banyuwangi

Lokasi Diseminasi Dana Desa di Pendopo Pemda Banyuwangi.

Dirjen PK KS

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan menyampaikan keynote speech sekaligus membuka acara diseminasi di Kabupaten Banyuwangi.

Sesi wawancara

Sesi wawancara dengan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan.

Dirjen PK berdialog

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berdialog dengan salah satu pengelola tempat wisata bahari Bunder (Bangsring Under Water) Banyuwangi.

tempat wisata bahari

Tempat wisata bahari Bunder (Bangsring Under Water) Banyuwangi yang dikelola oleh kelompok nelayan tradisional setempat.

Dirjen PK berkunjung ke mal

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan berkunjung ke Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu stand

Salah satu stand yang ada di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi : Stand Layanan Perpajakan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Banyuwangi.