DSC03558

Pemerintah Beri Kepercayaan Lebih Pada Desa-Desa Mandiri

Palembang, 28 Maret 2020 – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sampaikan akan memberi “kepercayaan” lebih kepada desa-desa yang tergolong Desa Mandiri. Kepercayaan tersebut dalam bentuk penyaluran porsi Dana Desa sebesar 60% di awal, lebih tinggi dibanding desa-desa lainnya yang hanya memperoleh 40% pagu di penyaluran awal.

“Intinya, kalau anda mengurus desanya dengan baik, dana desanya diberikan lebih banyak di depan,” ujarnya dalam acara Rapat Kerja Penyaluran dan Pengelolaan Dana Desa Tahun 2020 di Provinsi Sumatera Selatan.

Tahun ini, pemerintah menyempurnakan porsi penyaluran Dana Desa di ketiga tahapnya, yang semula dengan proporsi 20:40:40 menjadi 40:40:20. Selain itu, Desa Mandiri mendapat “keistimewaan” tambahan berupa penyaluran dengan porsi 60:40 atau menjadi 2 tahap penyaluran saja.

Acara yang turut dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa dan PDTT, serta Gubernur Sumatera Selatan ini ditujukan untuk mensosialisasikan kebijakan terkini terkait Dana Desa kepada para kepala desa se-Provinsi Sumatera Selatan.

Kebijakan lain terkait Dana Desa yang disosialisasikan adalah perihal penyaluran dana desa dari RKUN ke RKUD dan RKDes yang dilakukan secara bersamaan. Penyaluran dilakukan tiap minggu oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di masing-masing daerah kepada desa yang sudah melengkapi persyaratan penyalurannya. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana penyaluran Dana Desa hanya dapat dilakukan apabila seluruh desa dalam satu wilayah tertentu telah melengkapi persyaratan penyaluran.

“Jadi, desa yang sudah memenuhi persyaratan tidak perlu lagi menunggu desa-desa yang belum (memenuhi), untuk memperoleh penyaluran Dana Desa”, jelas Sri Mulyani.

Ia pun berharap agar Dana Desa yang sudah disalurkan ke RKDes dapat segera dibelanjakan untuk pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat agar perekonomian di desa dapat berjalan semakin baik.

“Bangun jalan, jembatan, air bersih. Gunakan untuk menciptakan kesempatan kerja. Saya harap ekonomi di desa mampu menjadi lokomotif bagi pembangunan ekonomi nasional,” tutupnya dalam acara tersebut.

/ Berita

Share the Post

About the Author

Comments

Comments are closed.